Langsung ke konten utama

CONTOH SATLAN POP BK KARIR UNTUK SMP


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Bidang Karir
C
Topik / Tema Layanan
Mengenal Karir Profesi Dokter dan Guru
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pengembangan
E
Tujuan Umum
Peserta didik  dapat mengenal Karir profesi Dokter dan Guru
F
Tujuan Khusus
1
Peserta didik  dapat memahami pengenalan karir sebagai Dokter
2
Peserta didik dapat mengenal tugas tugas sebagai dokter
3
Peserta didik dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki untuk menjadi dokter
4
Peserta didik dapt memahami jenis jenis dokter
5
Peserta didik dapat pengetahui persyaratan untuk menjadi dokter
6
Peserta didik dapat memahami pengenalan karir sebagai Guru
7
Peserta didik dapat menganal tugas tugas sebagai Guru
8
Peserta didik dapat meningkat kompetensi yang dimiliki untuk menjadi Guru
9
Peserta didik dapat memahami jenis jenis Guru
10
Peserta didik dapat mengetahui persyaratan untuk menjadi Guru
G
Sasaran Layanan
Kelas 7 A
H
Materi Layanan
1
Pengenalan karir dokter
2
Tugas-tugas dokter
3
Kompetensi yang harus dicapai untuk menjadi dokter
4
Macam-macan jenis dokter
5
Persyaratan untuk menjadi dokter
6
Pengenalan karir Guru
7
Tugas-tugas Guru
8
Kompetensi yang harus dicapai untuk menjadi guru
9
Macam macam jenis guru
10
Persyaratan untuk menjadi guru
I
Waktu
1  Kali Pertemuan x  40 Menit
J
Sumber
1
Online di  http://www.universitymetric.com
2
Online di http://harlona.blogspot.co.id/2013/07/jenis-guru-menurut-permendiknas-no-35.html
K
Metode/Teknik
Ceramah , tanya jawab dan pendapat
L
Media / Alat
Bagan
M
PELAKSANAAN
1
Tahap Awal/Pendahuluan
a
Pernyataan Tujuan
-
Salam
-
Menanyakan kabar
-
Menyampaikan tujuan yang akan dicapai
b
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
-
Memberikan langkah-langkah kegiatan
-
Kontrak layanan ( kesepakatan layanan ), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 40 menit  pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
-
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang rencana tindak lanjut
d
Tahap peralihan ( Transisi)
-
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
2
Tahap Inti
a
Kegiatan Peserta Didik
-
Peserta didik  memperhatikan penjelasan guru
-
Peserta didik mengemukakakan pendapatnya tentang profesi dokter
b
Kegiatan Guru BK/Konselor
-
Guru BK mempresentasikan materi
-
Guru BK mengajak curhat pendapat dan tanya jawab
3
Tahap Penutup
-
Guru BK/Konselor memberikan penguatan
-
Merencanakan tindak lanjut
-
Guru BK bersama peserta didik menyimpulkan hasil layanan
N
Evaluasi
1
Laiseg
-
Memantau aktifitas selama layanan berlangsung


-
Pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah diberikan




















































































































Lampiran :
1.       Uraian Materi 1 dan 2
                                                                                                                                                 Metro, 16 Oktober 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                 Guru BK/ Konselor


Sutarno, S.Pd, MM. Pd.                                                                                                 Indah Dwi Astuti
NIP.19580314 1991 03 1 001                                                                                         NPM. 14130083

Postingan populer dari blog ini

Kemuhammadiyahan corak islam di Nusantara semester II UM Metro

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Penyebaran Islam yang telah merambat dari bagian utara dan barat Indonesia di abad ke tujuh terus menghebat, terutama setelah abad ke sebelas dan dua belas. Kedatangan Islam ini kemudian dapat dikatakan secara total menggantikan Hinduisme dan Buddhisme yang telah berhasil sebelumnya membawa kejayaan Nusantara dengan kerajaannya yang sangat berpengaruh, rakyatnya yang sangat rajin berdagang hingga ke negeri yang sejauh-jauhnya, raja-rajanya yang hebat mengagumkan dan candi-candi serta kuil-kuil tempat pemujaan yang akan menjadi “peninggalan” yang tak akan lenyap untuk selama-lamanya, membanggakan bagi setiap generasi yang diturunkan, bukan dalam arti religiusnya yang mungkin karena paham-paham baru diganti dengan lebih sesuai dengan tuntutan hati nurani manusia, akan tetapi karena kemampuannya menimbulkan kesan berharga bagi manusia-manusia baru mendatang. Pengaruh Islam itu masuk hingga ke dalam sendi-sendi kerajaan...

MAKALAH PENELITIAN KORELASIONAL

PENELITIAN KORELASI Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Penelitian Pendidikan Dosen pengampu : Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd Disusun oleh kelompok 3: Indah Dwi Astuti                        14130083 Taftazani Rufaida                       14130065 Novi Prihatini                            15130015 Erni Dwi Astuti                         15130008 Fatin Farid Humam                    15130069 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DA...