RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
|
||||||
BIMBINGAN KLASIKAL
|
||||||
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2017/2018
|
||||||
A
|
Komponen
Layanan
|
Layanan
Dasar
|
||||
B
|
Bidang
Layanan
|
Bidang
Karir
|
||||
C
|
Topik
/ Tema Layanan
|
Mengenal
Karir Profesi Dokter dan Guru
|
||||
D
|
Fungsi
Layanan
|
Pemahaman
dan pengembangan
|
||||
E
|
Tujuan
Umum
|
Peserta
didik dapat mengenal Karir profesi
Dokter dan Guru
|
||||
F
|
Tujuan
Khusus
|
1
|
Peserta
didik dapat memahami pengenalan karir
sebagai Dokter
|
|||
2
|
Peserta
didik dapat mengenal tugas tugas sebagai dokter
|
|||||
3
|
Peserta
didik dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki untuk menjadi dokter
|
|||||
4
|
Peserta
didik dapt memahami jenis jenis dokter
|
|||||
5
|
Peserta
didik dapat pengetahui persyaratan untuk menjadi dokter
|
|||||
6
|
Peserta
didik dapat memahami pengenalan karir sebagai Guru
|
|||||
7
|
Peserta
didik dapat menganal tugas tugas sebagai Guru
|
|||||
8
|
Peserta
didik dapat meningkat kompetensi yang dimiliki untuk menjadi Guru
|
|||||
9
|
Peserta
didik dapat memahami jenis jenis Guru
|
|||||
10
|
Peserta
didik dapat mengetahui persyaratan untuk menjadi Guru
|
|||||
G
|
Sasaran
Layanan
|
Kelas
7 A
|
||||
H
|
Materi
Layanan
|
1
|
Pengenalan
karir dokter
|
|||
2
|
Tugas-tugas
dokter
|
|||||
3
|
Kompetensi yang harus dicapai
untuk menjadi dokter
|
|||||
4
|
Macam-macan jenis dokter
|
|||||
5
|
Persyaratan untuk menjadi
dokter
|
|||||
6
|
Pengenalan karir Guru
|
|||||
7
|
Tugas-tugas Guru
|
|||||
8
|
Kompetensi yang harus dicapai
untuk menjadi guru
|
|||||
9
|
Macam macam jenis guru
|
|||||
10
|
Persyaratan untuk menjadi guru
|
|||||
I
|
Waktu
|
1 Kali Pertemuan x 40 Menit
|
||||
J
|
Sumber
|
1
|
Online
di http://www.universitymetric.com
|
|||
2
|
Online
di http://harlona.blogspot.co.id/2013/07/jenis-guru-menurut-permendiknas-no-35.html
|
|||||
K
|
Metode/Teknik
|
Ceramah
, tanya jawab dan pendapat
|
||||
L
|
Media
/ Alat
|
Bagan
|
||||
M
|
PELAKSANAAN
|
|||||
1
|
Tahap
Awal/Pendahuluan
|
|||||
a
|
Pernyataan
Tujuan
|
-
|
Salam
|
|||
-
|
Menanyakan
kabar
|
|||||
-
|
Menyampaikan
tujuan yang akan dicapai
|
|||||
b
|
Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan
|
-
|
Memberikan
langkah-langkah kegiatan
|
|||
-
|
Kontrak
layanan ( kesepakatan layanan ), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama
40 menit pelayanan, kita sepakat akan
melakukan dengan baik.
|
|||||
c
|
Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
-
|
Guru
BK/Konselor memberikan penejelasan tentang rencana tindak lanjut
|
|||
d
|
Tahap
peralihan ( Transisi)
|
-
|
Guru
BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan
memulai ke tahap inti
|
|||
2
|
Tahap
Inti
|
|||||
a
|
Kegiatan
Peserta Didik
|
-
|
Peserta
didik memperhatikan
penjelasan guru
|
|||
-
|
Peserta
didik mengemukakakan pendapatnya tentang profesi dokter
|
|||||
b
|
Kegiatan Guru BK/Konselor
|
-
|
Guru
BK mempresentasikan materi
|
|||
-
|
Guru
BK mengajak curhat pendapat dan tanya jawab
|
|||||
3
|
Tahap
Penutup
|
-
|
Guru
BK/Konselor memberikan penguatan
|
|||
-
|
Merencanakan
tindak lanjut
|
|||||
-
|
Guru
BK bersama peserta didik menyimpulkan hasil layanan
|
|||||
N
|
Evaluasi
|
|||||
1
|
Laiseg
|
-
|
Memantau
aktifitas selama layanan berlangsung
|
|||
-
|
Pemahaman
peserta didik terhadap materi yang telah diberikan
|
|||||
Lampiran :
1. Uraian Materi 1 dan 2
Metro,
16 Oktober 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
BK/ Konselor
Sutarno, S.Pd, MM. Pd. Indah
Dwi Astuti
NIP.19580314 1991 03 1 001 NPM.
14130083