UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH METRO
Jl. KH Dewantara No.52 Iringmulyo, Kec.
Metro Timur, Kota Metro, KodePos: 34112
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan Dasar
|
||||
B
|
Bidang Layanan
|
Bidang Pribadi
|
||||
C
|
Topik
Layanan
|
Mengenal Potensi Diri
|
||||
D
|
Tujuan Umum
|
Peserta didik dapat mengenali potensi diri
|
||||
E
|
Tujuan Khusus
|
1
|
Peserta didik dapat mengenali potensi dirinya
|
|||
2
|
Peserta didik dapat menerima dan bersikap positif mengenai
potensi dirinya
|
|||||
3
|
Peserta didik dapat mempersiapkan pengembangan potensi
dirinya
|
|||||
F
|
Sasaran Layanan
|
Kelas X Perbankan Syariah
|
||||
G
|
Materi Layanan
|
1
|
Mengenal diri sendiri
|
|||
2
|
Jenis Potensi diri
|
|||||
I
|
Waktu
|
1 Kali
Pertemuan x 40 Menit
|
||||
J
|
Sumber
|
1
|
||||
2
|
||||||
K
|
Metode/Teknik
|
Coorperatif Learning teknik Team Game
Tournament (TGT)
|
||||
L
|
Media / Alat
|
Power point, LKS, white board, spidol
|
||||
M
|
PELAKSANAAN
|
|||||
1
|
Tahap Awal/Pendahuluan
|
|||||
a
|
Pernyataan Tujuan
|
-
|
Guru Bimbingan dan
Konseling menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat peserta didik
bersemangat
|
|||
-
|
Menanyakan kabar
|
|||||
-
|
Ice Breaking
|
|||||
-
|
Menyampaikan tujuan yang akan dicapai
|
|||||
b
|
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
-
|
Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan
tanggung jawab peserta didik
|
|||
-
|
Kontrak layanan ( kesepakatan layanan ), hari
ini kita akan melakukan kegiatan selama 40 menit pelayanan, kita sepakat akan melakukan
dengan baik.
|
|||||
c
|
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
-
|
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan
tentang topik yang akan dibicarakan
|
|||
d
|
Tahap peralihan ( Transisi)
|
-
|
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta
didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|||
2
|
Tahap Inti
|
|||||
a
|
Kegiatan Peserta Didik
|
-
|
Peserta didik
melakukan berbagai kegiatan sesuai
langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan
|
|||
b
|
Kegiatan Guru BK/Konselor
|
-
|
Guru BK memberikan pengantar materi yang telah
disiapkan
|
|||
3
|
Tahap Penutup
|
-
|
Guru BK/Konselor memberikan penguatan
|
|||
-
|
Merencanakan tindak lanjut
|
|||||
N
|
Evaluasi
|
|||||
1
|
Evaluasi Proses
|
-
|
Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik
menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
|
|||
-
|
Sikap atau atusias peserta didik dalam
mengikuti kegiatan
|
|||||
-
|
Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat
atau bertanya
|
|||||
-
|
Cara peserta didik memberikan penjelasan dari
pertanyaan guru BK
|
|||||
2
|
Evaluasi Hasil
|
-
|
Merasakan suasana pertemuan:
menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan
|
|||
-
|
Topik yang dibahas:sangat penting/kurang
penting/tidak penting
|
|||||
-
|
Penyampaian Guru BK/Konselor: mudah dipahami/sulit
dipahami
|
|||||
-
|
Kegiatan yang diikuti:menarik/kurang
menarik/tidak menarik untuk diikuti
|
|||||
Lampiran
:
1.
Uraian
Materi
Metro,
20 Januari 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
BK/ Konselor
Sutarno,
S.Pd., MM. Pd. Indah
Dwi Astuti
NIP.
19580314 1991 03 1 001 NPM.
14130083
Lampiran
MATERI RPL
POTENSI DIRI
A.
Mengenali Diri
1.
Kenali diri
sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang
membuat Anda bahagia; apa yang Anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan
kekuatan Anda; dan apa saja kelemahan Anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini
secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai
kelemahan dan kekuatan Anda.
2.
Tentukan tujuan
hidup
Tentukan tujuan hidup Anda baik itu tujuan jangka
waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang
sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh
aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.
3.
Hilangkan
negative thinking
Buanglah pikiran-pikiran negatif yang bisa
menghambat langkah Anda mencapai tujuan. Setiap kali Anda menghadapi hambatan,
jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah Anda
mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika
Anda telah menemukan jalan yang mantap.
4.
Jangan mengadili
diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam
mencapai tujuan Anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri
berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan
tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran
untuk maju. Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak di mana setiap remaja
puteri merasa tertantang untuk mencari jati dirinya sesuai dengan karakter dan
panggilan jiwa. Terlebih lagi, saat ini remaja hidup di zaman yang bergerak
sangat cepat, dengan kemajuan teknologi informasi mengakibatkan derasnya
informasi tentang budaya baru yang menawarkan berbagai pilihan dan nilai-nilai
baru bagi mereka.
B.
Jenis Potensi
Diri
1.
Potensi diri
yang bersifat fisik (fisiologis)
Tuhan telah membekali manusia dengan kelengkapan
fisik yang sempurna. Anggota badan dan organ tubuh yang ada padanya,
memungkinkan ia bekerjadan beraktivitas dengan mudah
2.
Potensi diri
yang bersifat psikologis
Potensi adalah daya, kekuatan, kemampuan,
kesanggupan dan kemampuan yang memungkinkan untuk dapat dikembangkan. Potensi
psikologi adalah kemampuan dan tekat yang bula untuk mengembangkan sesuatu
3.
Potensi
Akademis/Belajar
Sesuatu disebut berkualitas unggul jika sesuai
dengan desain peruntukan atau kegunaannya. Demikian juga siswa atau pelajar
yang berkualitas baik adalah yang mampu menyelesaikan tugas belajar atau
akademik secara memadai
4.
Potensi diri
yang bersifat Spiritual Keimanan
Spirit adalah sumber kekuatan. Spirit adalah inti
dan pusat hati nurani. Semua hal dalam hidup akan punya arti jika ada spirit
bahkan hidup itu pun, akan bermakna jika dilandasi spiritualisme dan
keimanan. Tanpa spirit dan iman, semua akan melemah, hancur lalu sirna. Dalam
suasana bencana atau perang. Seorang ibu dalam kondisi mengenaskan. Ia
tertatih-tatih menyeret kakinya yang berlumur darah. Dengan sisa-sisa
tenanganya, ia gapai bayinya yang menangis kahausan tergolek di pasir bebatuan.
Meskipun ia lunglai dan pingsan. Ini karena spirit.
LEMBAR KERJA SISWA
Tuliskan
hal apa saja yang kalian maknai dari video yang telah diputar!
1.
___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
2.
___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
3.
___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
4.
___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
Pertanyaan Tournament
GROUP A
1.
Sebutkan salah satu cara mengenali diri?
2.
Mengapa kita tidak boleh mengadili diri sendiri?
3.
Sebutkan jenis potensi diri!
GROUP B
1.
Berikan contoh potensi fisik!
2.
Berikan 2 contoh potensi akademik!
3.
Berikan contoh potensi psikologis!
FINAL
1.
Berikan contoh potensi spiritual!
2.
Buatlah salah satu pertanyaan untuk mengetahui keadaan diri sendiri!
3.
Hal apa yang dilakukan untuk menghilangkan negatif thinking?
KUNCI JAWABAN PERTANYAN
TOURNAMENT
GROUP A
1.
Menentukan tujuan hidup
2.
Membuang waktu dan tenaga, lebih baik kegagalan dijadikan pengalaman
3.
Potensi fisik, psikologis, akademis, spiritual.
GROUP B
1.
Memiliki tinggi badan dan berat badan yang seimbang
2.
Kemampuan berhitung cepat dan kemampuan penalaran
3.
Pengendalian emosi yang baik
FINAL
1.
Sabar
2.
Apa yang membuat kita bahagia
3.
Evaluasi diri
SMA
LABORATORIUM
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH METRO
Jl. KH Dewantara No.52 Iringmulyo, Kec.
Metro Timur, Kota Metro, KodePos: 34112
LAPORAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER
(GANJIL/GENAP) TAHUN PELAJARAN 2017/2018
1
|
Komponen layanan
|
Layanan Dasar
|
2
|
Bidang layanan
|
Bimbingan Konseling Pribadi
|
3
|
Topik layanan
|
Mengenal Potensi Diri
|
4
|
Tujuanlayanan
|
Peserta didik dapat mengenali potensi diri
|
5
|
Kelas
/Semester
|
Kelas X Perbankan Syariah / Genap
|
6
|
Hari /Tanggal
|
Senin / 22 Januari 2018
|
7
|
Durasi pertemuan
|
1x 40menit
|
8
|
Materi
|
1. Mengenal diri sendiri
2. Jenis potensi diri
|
9
|
Hasil dan Tindak Lanjut
|
Bimbingan Kelompok atau Konseling Individu
|
Mengetahui : Metro,
KepalaSekolah, Guru BK/
Konselor
Sutarno,
S.Pd., MM. Pd. Indah
Dwi Astuti
NIP.
19580314 1991 03 1 001 NPM.
14130083