Langsung ke konten utama

RPL POP BK SMK Bidang Layaan Pribadi Teknik Cooperatif Learning Team Game Tournment



SMA LABORATORIUM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
Jl. KH Dewantara No.52 Iringmulyo, Kec. Metro Timur, Kota Metro, KodePos: 34112


 


RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Bidang Pribadi
C
Topik  Layanan
Mengenal Potensi Diri
D
Tujuan Umum
Peserta didik  dapat mengenali potensi diri
E
Tujuan Khusus
1
Peserta didik  dapat mengenali potensi dirinya
2
Peserta didik  dapat menerima dan bersikap positif mengenai potensi dirinya
3
Peserta didik  dapat mempersiapkan pengembangan potensi dirinya
F
Sasaran Layanan
Kelas X Perbankan Syariah
G
Materi Layanan
1
Mengenal diri sendiri


2
Jenis Potensi diri
I
Waktu
1  Kali Pertemuan x  40 Menit
J
Sumber
1
2

K
Metode/Teknik
Coorperatif Learning teknik Team Game Tournament (TGT)
L
Media / Alat
Power point, LKS, white board, spidol
M
PELAKSANAAN

1
Tahap Awal/Pendahuluan
a
Pernyataan Tujuan
-
Guru Bimbingan dan Konseling menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat peserta didik bersemangat
-
Menanyakan kabar
-
Ice Breaking
-
Menyampaikan tujuan yang akan dicapai
b
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
-
Memberikan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik
-
Kontrak layanan ( kesepakatan layanan ), hari ini kita akan melakukan kegiatan selama 40 menit  pelayanan, kita sepakat akan melakukan dengan baik.
c
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
-
Guru BK/Konselor memberikan penejelasan tentang topik yang akan dibicarakan
d
Tahap peralihan ( Transisi)
-
Guru BK/Konselor menanyakan kesiapan peserta didik melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
2
Tahap Inti
a
Kegiatan Peserta Didik
-
Peserta didik melakukan  berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan
b
Kegiatan Guru BK/Konselor
-
Guru BK memberikan pengantar materi yang telah disiapkan
3
Tahap Penutup
-
Guru BK/Konselor memberikan penguatan
-
Merencanakan tindak lanjut
N
Evaluasi
1
Evaluasi Proses
-
Melakukan Refleksi hasil, setiap peserta didik menuliskan di kertas yang sudah disiapkan.
-
Sikap atau atusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
-
Cara peserta didik dalam menyampaikan pendapat atau bertanya
-
Cara peserta didik memberikan penjelasan dari pertanyaan guru BK
2
Evaluasi Hasil
-
Merasakan suasana pertemuan: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan
-
Topik yang dibahas:sangat penting/kurang penting/tidak penting
-
Penyampaian Guru BK/Konselor: mudah dipahami/sulit dipahami
-
Kegiatan yang diikuti:menarik/kurang menarik/tidak menarik untuk diikuti







Lampiran :
1.      Uraian Materi
                                                                                                             Metro, 20 Januari 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                Guru BK/ Konselor


Sutarno, S.Pd., MM. Pd.                                                                                   Indah Dwi Astuti
NIP. 19580314 1991 03 1 001                                                                        NPM. 14130083




Lampiran
MATERI RPL
POTENSI DIRI
A.    Mengenali Diri
1.      Kenali diri sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat Anda bahagia; apa yang Anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan Anda; dan apa saja kelemahan Anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan Anda.
2.      Tentukan tujuan hidup
Tentukan tujuan hidup Anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi Anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.
3.      Hilangkan negative thinking
Buanglah pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah Anda mencapai tujuan. Setiap kali Anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah Anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika Anda telah menemukan jalan yang mantap.
4.      Jangan mengadili diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan Anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju. Masa remaja adalah masa yang penuh gejolak di mana setiap remaja puteri merasa tertantang untuk mencari jati dirinya sesuai dengan karakter dan panggilan jiwa. Terlebih lagi, saat ini remaja hidup di zaman yang bergerak sangat cepat, dengan kemajuan teknologi informasi mengakibatkan derasnya informasi tentang budaya baru yang menawarkan berbagai pilihan dan nilai-nilai baru bagi mereka. 

B.     Jenis Potensi Diri
1.      Potensi diri yang bersifat fisik (fisiologis)
Tuhan telah membekali manusia dengan kelengkapan fisik yang sempurna. Anggota badan dan organ tubuh yang ada padanya, memungkinkan ia bekerjadan beraktivitas dengan mudah
2.      Potensi diri yang bersifat psikologis
Potensi adalah daya, kekuatan, kemampuan, kesanggupan dan kemampuan yang memungkinkan untuk dapat dikembangkan. Potensi psikologi adalah kemampuan dan tekat yang bula untuk mengembangkan sesuatu
3.      Potensi Akademis/Belajar
Sesuatu disebut berkualitas unggul jika sesuai dengan desain peruntukan atau kegunaannya. Demikian juga siswa atau pelajar yang berkualitas baik adalah yang mampu menyelesaikan tugas belajar atau akademik secara memadai
4.      Potensi diri yang bersifat Spiritual Keimanan
Spirit adalah sumber kekuatan. Spirit adalah inti dan pusat hati nurani. Semua hal dalam hidup akan punya arti jika ada spirit bahkan hidup itu pun, akan bermakna jika dilandasi spiritualisme dan keimanan. Tanpa spirit dan iman, semua akan melemah, hancur lalu sirna. Dalam suasana bencana atau perang. Seorang ibu dalam kondisi mengenaskan. Ia tertatih-tatih menyeret kakinya yang berlumur darah. Dengan sisa-sisa tenanganya, ia gapai bayinya yang menangis kahausan tergolek di pasir bebatuan. Meskipun ia lunglai dan pingsan. Ini karena spirit.






LEMBAR KERJA SISWA

Tuliskan hal apa saja yang kalian maknai dari video yang telah diputar!
1.       ___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________

2.       ___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________

3.       ___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________

4.       ___________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
















Pertanyaan Tournament

GROUP A
1.      Sebutkan salah satu cara mengenali diri?
2.      Mengapa kita tidak boleh mengadili diri sendiri?
3.      Sebutkan jenis potensi diri!

GROUP B
1.      Berikan contoh potensi fisik!
2.      Berikan 2 contoh potensi akademik!
3.      Berikan contoh potensi psikologis!

FINAL
1.      Berikan contoh potensi spiritual!
2.      Buatlah salah satu pertanyaan untuk mengetahui keadaan diri sendiri!
3.      Hal apa yang dilakukan untuk menghilangkan negatif thinking?























KUNCI JAWABAN PERTANYAN TOURNAMENT
GROUP A
1.      Menentukan tujuan hidup
2.      Membuang waktu dan tenaga, lebih baik kegagalan dijadikan pengalaman
3.      Potensi fisik, psikologis, akademis, spiritual.

GROUP B
1.      Memiliki tinggi badan dan berat badan yang seimbang
2.      Kemampuan berhitung cepat dan kemampuan penalaran
3.      Pengendalian emosi yang baik

FINAL
1.      Sabar
2.      Apa yang membuat kita bahagia
3.      Evaluasi diri





SMA LABORATORIUM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
Jl. KH Dewantara No.52 Iringmulyo, Kec. Metro Timur, Kota Metro, KodePos: 34112


 


LAPORAN BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER (GANJIL/GENAP) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

1
Komponen layanan

Layanan Dasar
2
Bidang layanan

Bimbingan Konseling Pribadi
3
Topik layanan
Mengenal Potensi Diri

4
Tujuanlayanan
Peserta didik  dapat mengenali potensi diri

5
Kelas /Semester
Kelas X Perbankan Syariah / Genap

6
Hari /Tanggal
Senin / 22 Januari 2018

7
Durasi pertemuan
1x 40menit

8
Materi

1.      Mengenal diri sendiri
2.      Jenis potensi diri

9
Hasil dan Tindak Lanjut
Bimbingan Kelompok atau Konseling Individu



Mengetahui :                                                                                       Metro,
KepalaSekolah,                                                                                   Guru BK/ Konselor



Sutarno, S.Pd., MM. Pd.                                                                                   Indah Dwi Astuti
NIP. 19580314 1991 03 1 001                                                                        NPM. 14130083



Postingan populer dari blog ini

Kemuhammadiyahan corak islam di Nusantara semester II UM Metro

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Penyebaran Islam yang telah merambat dari bagian utara dan barat Indonesia di abad ke tujuh terus menghebat, terutama setelah abad ke sebelas dan dua belas. Kedatangan Islam ini kemudian dapat dikatakan secara total menggantikan Hinduisme dan Buddhisme yang telah berhasil sebelumnya membawa kejayaan Nusantara dengan kerajaannya yang sangat berpengaruh, rakyatnya yang sangat rajin berdagang hingga ke negeri yang sejauh-jauhnya, raja-rajanya yang hebat mengagumkan dan candi-candi serta kuil-kuil tempat pemujaan yang akan menjadi “peninggalan” yang tak akan lenyap untuk selama-lamanya, membanggakan bagi setiap generasi yang diturunkan, bukan dalam arti religiusnya yang mungkin karena paham-paham baru diganti dengan lebih sesuai dengan tuntutan hati nurani manusia, akan tetapi karena kemampuannya menimbulkan kesan berharga bagi manusia-manusia baru mendatang. Pengaruh Islam itu masuk hingga ke dalam sendi-sendi kerajaan...

MAKALAH PENELITIAN KORELASIONAL

PENELITIAN KORELASI Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Penelitian Pendidikan Dosen pengampu : Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd Disusun oleh kelompok 3: Indah Dwi Astuti                        14130083 Taftazani Rufaida                       14130065 Novi Prihatini                            15130015 Erni Dwi Astuti                         15130008 Fatin Farid Humam                    15130069 PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DA...